Selasa, Oktober 26, 2010

TSUNAMI LANDA SUMATERA LAGI

Gempa bumi yang kuat mencetuskan tsunami yang melanda perkampungan di pulau-pulau terpencil di Barat Indonesia, mengorbankan sekurang-kurangnya 23 orang, lebih 160 lagi hilang, demikan para pegawai dan saksi hari ini.

PADANG, KOMPAS.com — Sedikitnya 200 rumah di dua desa di Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, tersapu gelombang tsunami sesaat setelah gempa 7, 2 skala Richter menguncang wilayah tersebut, Senin (25/10/2010) sekitar pukul 21.42.
Ratusan rumah warga di dua desa tersebut hanyut tersapu tsunami yang datang tak lama setelah gempa terjadi. Informasi di lapangan menunjukkan bahwa rumah warga yang hanyut tersebut disapu gelombang tsunami yang ketinggiannya diperkirakan mencapai dua meter lebih.
Seperti apa perkembangan yang terjadi di Mentawai saat ini, hal itu belum dapat digambarkan secara detail karena telepon seluler sejumlah pihak dan warga tidak dapat tersambung ketika coba dihubungi. Jaringan telepon diduga terputus akibat gempa yang diduga memorak-porandakan infrastruktur di wilayah tersebut.
Selain menghanyutkan ratusan rumah, dua kapal asing jenis yatch yang berlayar di sekitar perairan Kepulauan Mentawai tabrakan dan mengakibatkan dua orang tenggelam. Kapal itu kini masih dalam pencarian pihak terkait.


PADANG, KOMPAS.com — Sebagian wilayah di Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, terkena tsunami dengan ketinggian 1,5 meter pascagema 7,2 SR, Senin (25/10/2010) malam. Dua dusun dilaporkan habis disapu gelombang.

Menurut staf Yayasan Citra Mandiri Mentawai, Pinda Simanjuntak, dua dusun yang disapu gelombang tsunami adalah Dusun Monga dan Dusun Munte Kecil di Desa Malakopak, Kecamatan Pagai Selatan, serta Desa Malakopak yang terdiri dari enam dusun.

Ia mengatakan, gelombang air laut masuk hingga 800 meter dari bibir pantai. Air laut juga merusak Kantor Kecamatan Pagai Selatan dan kantor-kantor pemerintahan. Peristiwa ini membuat aktivitas perkantoran praktis lumpuh.

Tiga orang dilaporkan tewas menjadi korban gempa yang diikuti tsunami tersebut. Namun, identitas korban dan penyebab kematian belum diketahui.

RAMALAN GEO U2 2023 SIRI 4