Isnin, Oktober 15, 2018

TNTI:MARI MENGENALI 10 AIR TERJUN TERINDAH DUNIA

Tuhan menciptakan dunia dengan segala keindahannya. Ada gunung, danau, sungai, dan air terjun. Ada begitu banyak air terjun yang ada di dunia. Sayang jika kita harus melewatkannya begitu saja. Berikut ini, TahuPedia akan menghadirkan daftar 10 air terjun terindah yang ada di dunia. Semoga kalian bisa pergi ke sana suatu saat nanti.

10. Baatara Gorge Falls, Lebanon

Mengawali daftar air terjun terindah di dunia adalah Air Terjun Baatara Gorge. Air terjun ini dapat ditemukan di Tannourine, Lebanon. Air terjun jatuh dari ketingian 255 meter ke dalam lubang Baatara Pothhole. Baatara Pothole adalah sebuah gua yang terbuat dari batu kapur. Gua ini sudah ada sejak jaman Jurasik.
Gua itu sendiri dikenal dengan naman Cave of The Three Bridges. Tiga buah jembatan yang terbuat secara natural dimana jembatan ini menyediakan pemandangan indah berupa Gunung Lebanon. Air terjun ini ditemukan oleh seorang bio-speleologist dari Perancis bernama Henri Coiffait pada tahun 1952.

9. Dettifoss, Islandia

Alasan kenapa Islandia begitu populer di dunia adalah, negara satu ini memiliki pemandangan alam yang indah layaknya di negeri dongeng. Jika ada kesempatan untuk pergi ke Islandia, kenapa harus melewatkan kesempatan itu? Pergi ke sebelah Timur Laut Islandia, kalian bisa menemukan sebuah air terjun keren, Dettifoss.
Air Terjun Dettifoss adalah air terjun indah dimana para wisatawan rela menghabiskan waktu berjam-jam untuk memandangi air. Air Terjun Dettifoss berlokasi di dalam Vatnajokull National Park. Air datang dari Vatnajokull Gletser berwarna putih-abu-abu. Air yang jatuh dari Dettifoss sangatlah deras, menghasilkan cipratan air yang bisa terasa di beberapa meter.

8. Tugela Falls, Afrika Selatan

Afrika tidak hanya dikenal akan kehidupan satwa liarnya yang menakjubkan, negara ini juga memiliki sebuah tempat wisata yang menarik yaitu Air Terjun Tugela. Air terjun yang mempesona ini berada di Drakensberg atau Pegunungan Dragon yang berada di Royal Natal National Park di provinsi Kwazulu-Natal.
Jika diiukur dari tingginya yang mencapai 948 meter, air terjun ini termasuk dalam salah satu air terjun tertinggi kedua di dunia, masih kalah dari Angel Falls yang berada di Venezuela. Tapi, menurut ilmuwan asal Ceko, ketinggian Air Terjun Tugela mencapai 983 meter. Air yang berada di Air Terjun Tugela berasal dari Dataran Tinggi Mont-Aux-Sources.

7. Victoria Falls, Zimbabwe

Zimbabwe adalah negara yang berada di Afrika Selatan. Negara ini dikelilingi oleh daratan dan memiliki pemandangan menakjubkan serta kaya akan kehidupan di alam liar. Jangan heran bila kalian menemukan banyak safari di Zimbabwe. Salah satu pemandangan menakjubkan yang terdapat di negara tersebut adalah Air Terjun Victoria.
Air Terjun Victoria adalah air terjun yang menjadi daya tarik dari Zambia di mata para wisatawan asing. Tebar berada di perbatasan antara Zambia dan Zimbabwe, Air Terjun Victoria memiliki ketinggian 108 meter. Karena saking tingginya, cipratan dari Air Terjun Victoria bisa terasa sampai beberapa meter dari pusat lokasi.

6. Niagara Falls, Kanada

Sudah pasti bahwa Air Terjun Niagara masuk ke dalam daftar air terjun terindah yang ada di dunia. Meski bukan yang paling pertama, air terjun ini adalah air terjun kebanggaan milik Negeri Paman Sam. Air terjun inilah yang menjadi pembatas antara Amerika dengan Kanada, lebih tepatnya di antara Ontario dan New York.
Air Terjun Niagara menjadi 2 bagian yakni Horseshoe Falls yang berada di wilayah Kanada dan American Falls yang berada di Amerika. Kedua bagian tersebut dipisahkan oleh sebuah pulau. Air yang jatuh di bagian Horseshoe Falls lebih tinggi daripada American Falls. Dimana air di Horseshoe Falls jatuh di ketinggian 53 meter, sedangkan di American Falls hanya 21 sampai 30 meter.

5. Yosemite Falls, Amerika

Selain Air Terjun Niagara yang terletak di perbatasan antara Kanada dan Amerika, Amerika masih memiliki satu lagi air terjun yang indah yang bernama Air Terjun Yosemite. Air terjun ini dianggap sebagai air terjun paling tinggi di wilayah Amerika Utara dengan ketinggian yang mencapai 739 meter.
Air terjun yang terletak di kota Sierra, Nevada ini memilik aliran air yang cukup deras. Air yang dihasilkan oleh Air Terjun Yosemite bersumber dari lelehan salju. Jadi, jika jumlah salju tidak terlalu banyak, aliran air di Air Terjun Yosemite juga ikut terpengaruh. Musim semi adalah waktu yang paling tepat untuk menyaksikan Air Terjun Yosemite.

4. Kaieteur Falls, Guyana

Mungkin banyak di antara kalian yang masih asing atau jarang mendengar nama Guyana. Guyana adalah sebuah negara kecil yang berada di Amerika Selatan, berada di antara Suriname dan Venezuela. Alasan kenapa negara kecil ini masuk ke dalam daftar tentunya karena negara ini memiliki sebuah air terjun yang sangat indah yaitu Kaieteur Falls.
Air Terjun Kaieteur memiliki ketinggian 226 meter. Cukup tinggi memang, namun ada satu kelebihan lagi dari air terjun ini yaitu, air terjun ini memiliki volume air dan aliran yang sangat deras. Air Terjun Kaieteur memiliki laju air rata-rata 66k kubic meter per detik. Air terjun ini memiliki 2 kali lipat ketinggian dari Air Terjun Niagara yang terkenal.

3. Angel Falls, Venezuela

Dengan ketinggian yang mencapai 979 meter, Air Terjun Angel termasuk dalam salah satu air terjun tertinggi di dunia. Air terjun ini dinamakan Angel bukan berarti malaikat, melainkan karena air terjun ini ditemukan oleh pilot asal Amerika bernama Jimmie Angel. Air yang jatuh dari Angel Falls jatuh tepat di tepi Gunung Auyan-tepui.
Oleh UNESCO, Air Terjun Angel termasuk dalam situs alam yang dilindungi. Air terjun ini berada di dalam Canaima National Park, Venezuela. Canaima National Park adalah taman nasional di Venezuela yang memilik luas sekitar 30.000 km2. Aliran air yang jatuh dari Air Terjun Victoria mengalir melalui Sungai Churun dan Sungai Carrao.

2. Iguazu Falls, Argentina

Di urutan kedua air terjun terindah di dunia ditempati oleh Air Terjun Iguazu. Air terjun indah ini berada di perbatasan antara 2 negara yang tekenal akan sepakbolanya yaitu Brazil dan Argentina. Air Terjun Iguazu memiliki tinggi kira-kira 87 meter. Tidak terlalu tinggi memang, tapi air terjun ini memiliki beberapa riam kecil yang membentuk kaki kuda.
Air Terjun Iguazu membelah Sungai Iguazu menjadi 2 bagian. Bagian pertama mengalir di dekat kota Curitiba. Bagian yang lain mengalir melalui Brazil dan Argentina. Air terjun yang berfungsi sebagai pemisah antara Brazil dan Argentina ini berasal dari bahasa Tupi atau Guarani. I berarti air dan uasu berarti besar.

1. Sutherland Falls, New Zealand

Dari sekian banyak air terjun indah yang ada di dunia, tidak semuanya yang sanggup mengalahkan indahnya Air Terjun Sutherland. Air Terjun Sutherland berada di Taman Nasional Fiordland, New Zealand. Merupakan sebuah daerah di bagian Barat Daya New Zealand yang terkenal akan pemandangannya yang menakjubkan.
Air Terjun Sutherland memberikan pemandangan luar biasa yang akan selalu membekas di hati orang yang datang kesana. Membuat mereka selalu ingin datang kembali ke New Zealand. Dengan ketinggian yang mencapai 580 meter, Air Terjun Sutherland termasuk dalam salah satu air terjun tinggi yang ada di dunia. Ditemukan oleh Donald Sutherland pada tahun 1880.

RAMALAN GEO U2 2023 SIRI 4