Rabu, Julai 24, 2019

MEMAHAMI GELOMBANG SEISMIK GEMPA BUMI

Jenis Gelombang SeismikGelombang seismik ada yang merambat melalui interior bumidisebut sebagai body wave, dan ada juga yang merambat melalui permukaan bumi yang disebut surface wave.Sumber gelombang seismik ada dua yaitu alami dan buatan. Sumber alami terjadi karena adanya gempatektonik, gempa vulkanik danruntuhan/ longsoran, sedangkan buatan menggunakan gangguan yang disengaja.

 Jenis Gelombang Seismik Gelombang seismik ada yang merambat melalui interior bumidisebut sebagai body wave, dan ada juga yang merambat melalui permukaan bumi yang disebut surface wave.Sumber gelombang seismik ada dua yaitu alami dan buatan. Sumber alami terjadi karena adanya gempatektonik, gempa vulkanik danruntuhan/ longsoran, sedangkan buatan menggunakan gangguan yang disengaja.1.Gelombang Badan/ Body WaveGelombang badan adalah gelombang yang menjalar dalam media elastik dan arah perambatannya keseluruh bagian di dalam bumi. Berdasarkan gerak partikel pada media dan arah penjalarannya gelombang dapat dibedakan menjadi gelombang P dan gelombang S.Gelombang P disebut dengan gelombang kompresi/gelombang longitudinal. Gelombang ini memiliki kecepatan rambat paling besar dibandingkan dengan gelombang seismik yang lain, dapat merambat melalui medium padat, cair dan gas.Persamaan dari kecepatan gelombang P adalah sebagai berikut :

 Gelombang S disebut juga gelombang shear/gelombang transversal. Gelombang ini memiliki cepat rambat yanglebih lambat bila dibandingkan dengan gelombang Pdan hanya dapat merambat pada medium padat saja. Gelombang S tegak lurus terhadap arah rambatnya.Persamaan dari kecepatan Gelombang S (adalah sebagai berikut :

 Gambar2.3.Gelombang-S(Elnashai andSarno. 2008)2.Gelombang Permukaan Gelombang permukaan merupakan salah satu gelombang seismik selain gelombang badan. Gelombang ini ada pada batas permukaan medium.Berdasarkan pada sifat gerakan partikel media elastik, gelombang permukaan merupakan gelombang yang kompleks dengan frekuensi yang rendah dan amplitudo yang besar, yang menjalar akibat adanya efek free survacedimana terdapat perbedaan sifat elastik (Susilawati, 2008). Jenis dari gelombang permukaan ada dua yaitu gelombang Reyleighdan gelombang Love.Gelombang Reyleighmerupakan gelombang permukaan yangOrbit gerakannyaelips tegak lurus dengan permukaan dan arah penjalarannya.Gelombang jenis iniadalah gelombang permukaan yang terjadi akibat adanya interferensi antara gelombang tekan dengan gelombang geser secara konstruktif.Persamaan dari kecepatan gelombang Reyleigh(adalah sebagai berikut :

 Gelombang Love merupakan gelombang permukaan yang menjalar dalam bentuk gelombang transversal yang merupakan gelombang S horizontal yang penjalarannya paralel dengan permukaannya (Gadallah and Fisher, 2009).

RAMALAN GEO U2 2023 SIRI 4