Ahad, Oktober 21, 2018

TNTI:JAWAPAN UNTUK TAJUK RAMALAN NO 7 (AUTOTROF DAN HETEROTROF)

Apakah yang dimaksud dengan Ekosistem?

Ekosistem adalah suatu komunitas organisme hidup dan komponen non-hidup yang berinteraksi satu sama lain di daerah tertentu atau lingkungan. Sebuah padang pasir atau kolam adalah contoh dari suatu ekosistem, dimana, organisme hidup berinteraksi satu sama lain serta dengan komponen tak hidup seperti air, tanah, iklim, dll. Semua organisme hidup dalam suatu ekosistem disebut komponen biotik , sedangkan yang non-hidup disebut komponen abiotik. Dalam sebuah ekosistem, aliran energi dari satu organisme ke organisme lain dijelaskan oleh konsep rantai makanan.
Setiap organisme yang tergantung pada organisme berikutnya untuk makanan, membentuk urutan linier, dimana energi mengalir dari satu organisme ke organisme lain. Hal ini disebut sebagai rantai makanan, yang pada dasarnya berarti yang siapa makan siapa. Komponen biotik atau hidup ekosistem dibagi lagi menjadi dua kategori – autotrof dan heterotrof. Autotrof juga disebut produsen. Mereka memiliki kemampuan untuk menghasilkan makanan mereka sendiri. Meskipun tanaman merupakan mayoritas autotrof, beberapa organisme membuat makanan organik melalui serangkaian reaksi kimia anorganik. Ada dua jenis autotrof:


Fototrof

Ini adalah tanaman yang mengandung pigmen klorofil, dan menyiapkan makanan mereka sendiri dengan mengakuisisi energi dari sinar matahari, dan menggunakan karbon dioksida dan air. Autotrof tersebut menjalani proses fotosintesis untuk mempersiapkan molekul glukosa, dan karenanya disebut fototrof. Kebanyakan tanaman, ganggang, fitoplankton, dan beberapa bakteri, termasuk dalam kategori ini.

Kemotrof

Beberapa autotrof memperoleh energi melalui serangkaian reaksi kimia, mempersiapkan molekul organik energi yang mengandung dengan mengubah zat anorganik menjadi energi. Mereka dikenal sebagai kemotrof. Beberapa bakteri yang hidup dalam kondisi ekstrim memanfaatkan bahan anorganik seperti hidrogen sulfida untuk menghasilkan energi kimia.

Heterotrof

Heterotrof juga disebut konsumen. Mereka tidak memiliki kapasitas untuk memproduksi makanan mereka sendiri, dan bergantung pada autotrof untuk kelangsungan hidup mereka, baik secara langsung maupun tidak langsung. Heterotrof memperoleh molekul makanan yang disiapkan oleh tanaman dan produsen lain. Mereka mengkonsumsi makanan, dan menggunakan energi untuk melakukan kegiatan metabolisme mereka. Berikut adalah berbagai jenis heterotrof:
➤ Omnivora seperti manusia mengkonsumsi tumbuhan dan hewan untuk memenuhi kebutuhan energi mereka.
➤ detritivor seperti cacing tanah, memakan sisa-sisa tanaman dan hewan yang mati.
➤ Pengurai seperti jamur, memecah bahan organik dengan mengeluarkan enzim.
➤ Pemulung seperti Hering, memakan hewan mati.

Interaksi Autotrof dan Heterotrof dalam Ekosistem

Sementara berbicara dalam hal rantai makanan, organisme diklasifikasikan berdasarkan trofik atau tingkat makan mereka dalam ekosistem. Autotrof seperti tanaman yang menghasilkan makanan mereka sendiri, membentuk tingkat produsen. Semua rantai makanan dimulai di tingkat produsen. Konsumen primer makan produsen untuk memperoleh energi. Konsumen primer dimakan oleh konsumen sekunder; konsumen sekunder dimakan oleh konsumen tersier, dan sebagainya.
Sebuah contoh umum untuk menjelaskan rantai makanan ekosistem di mana rumput adalah produsen, dan tikus yang memakan rumput menjadi konsumen utama. Tikus menjadi mangsa bagi ular, yang menjadi konsumen sekunder. Elang makan ular, dan menjadi konsumen tersier. Hewan mati dikonsumsi oleh pengurai, dan dengan demikian nutrisi ikut dicampur kembali ke dalam tanah. Siklus aliran nutrisi dari satu tingkat ke yang berikutnya terus berulang antara komponen biotik dan abiotik dalam ekosistem.


Perbedaan Antara Autotrof dan Heterotrof

➤ Autotrof membuat makanan mereka sendiri dengan fotosintesis atau kemosintesis dengan menggunakan komponen abiotik dalam ekosistem. Heterotrof bergantung pada autotrof untuk makanan.
➤ Kebanyakan autotrof adalah klorofil yang mengandung tanaman hijau. Semua hewan, alga, dan beberapa bakteri adalah heterotrof.
➤ Autotrof tergantung pada energi dari matahari. Heterotrof bergantung pada energi matahari secara tidak langsung.
➤ Autotrof mengkonversi materi anorganik menjadi zat organik. Heterotrof memperoleh zat organik dari autotrof dan memanfaatkan mereka untuk memenuhi proses metabolisme mereka.
Meskipun ada banyak perbedaan antara autotrof dan heterotrof, mereka masih bergantung satu sama lain untuk bertahan hidup dan untuk perputaran yang tepat nutrisi, dan merupakan komponen yang tidak terpisahkan dari ekosistem.

RAMALAN GEO U2 2023 SIRI 4